Tulisan ini bermula pada mobil kesayangan saya yang
bermasalah pada air radiator dimana air radiator berkurang dan tabung reservoir
penuh untuk memecahkan masalah itu saya mulai mencari penyebab air radiator berkurang yang bisa
menimbulkan hal itu yang pastinya berhubungan dengan air radiator dan juga
tabung cadangan (reservoir), maka dimulailah pemburuan akan cara kerja dari
pada kedua alat tersebut.
Sebagaimana yang dibahas oleh Wikipedia tabung radiator
merupakan sebuah media untuk memindahkan energy dari level panas ke level dingin yang umumnya
digunakan pada mesin mesin berat dan kendaraan bermotor, seperti pada mobil dan
juga motor untuk beberapa tahun ini.
Untuk radiator yang ditanamkan pada kendaraan bermotor
umumnya diperlukan alat tambahan untuk mempercepat proses pembuangan hawa panas
seperti pada mobil yang mana dilengkapi dengan kipas ekstra fan untuk membantu
proses membuang hawa panas dari radiator dan biasanya posisi radiator di
benamkan pada bagian epan mobil dengan tujuan untuk memperoleh angin yang besar
dan dapat membantu proses pembuangan hawa panas tersebut.
Tabung reservoir
Tabung air cadangan radiator atau yang lebih umum disebut
dengan reservoir ini memiliki peranan untuk menampung hawa panas yang keluar
dari radiator jika sudah mencapai suhu panas yang tidak mampu lagi ditampung
oleh radiator dimana untuk proses ini dibantu oleh pressur valve yang terdapat
pada radiator cap (tutup radiator) . tabung cadangan radiator selain memiliki
fungsi sebagai tempat undara panas juga air panas yang mengalir dari radiator
dia juga berfungsi untuk menambah air radiator pada jumlah asalnya. Yang mana
ketika radiator panas dan untuk menjaga tekanan yang yang ada didalamnya maka
air akan disalurkan ke tabung cadangan dan ketika radiator sudah dingin kembali
maka radiator akan menyedot air yang ada pada tabung cadangan tersebut.
Tutup Radiator
Tutup radiator merupakan salah satu bagian yang vital untuk
menjaga tekanan yang ada pada radiator dimana pada bagian dalam tutup radiator
dilengkapi dengan pressure valve yang bertugas untuk membuka dan menutup pada
tekanan yang ditentukan, seperti yang telah dijelaskan diatas tutup radiator
akan membuka pada tekanan 0,9 atau 1,1 tergantung pada label yang ada pada
tutup tersebut,
Pada kondisi radiator panas maupun dingin jika pada posisi
panas tutup tersebut terbuka untuk mengalirkan air yang ada pada radiator menuju
tabung cadangan maka pada kondisi dingin dia akan bekerja sebaliknya dimana
tekanan radiator bukan menyembur malah menyedot dan membuat pressur valve
terbuka dan menghisap air yang ada pada tabung reservoir, sehingga air radiator
tetap pada kondisi penuh dan tidak berkurang,dan inilah biang keladi penyebab radiator berkurang .
Maka kesimpulanya apabila air radiator mobil kita berkurang
tapi reservoir penuh maka factor yang membuat hal itu terjadi adalah hilangnya
kevacuman radiator yang disebabkan oleh tidak bekerja dengan sempurnanya tutup
radiator sehingga ketika dalam posisi dingin air yang tadinya sudah tersembur
ke tabung cadangan tidak bisa kembali lagi ke radiator.
Maka Untuk memperbaikinya saya hanya mengganti tutup
radiator dengan yang baru beli di toko spare part mobil dengan harga 50 ribu
rupiah saja kini air radiator aman tidak berkurang lagi.
Semua sdh sy lakukan,ganti tutup radiator, water pomp, selang radiator atas dan bawah, bahkan radiator sdh sy ganti yg baru, ternyata tetap saja, *air radiator berkurang tetapi air reservoir tetap pada garis max*
ReplyDeleteSaya juga mengalami kondisi seperti demikian. Tutup radiator sudah saya ganti, tp tangki reservoir masih bertambah melebihi garis max. Gmn solusinya? Apakah tutup radiator ada yang palsu?
ReplyDeleteSaya jg sudah ganti tutup radiator sebanyak 2 x.... Tpi tk. Ada perubahan.. Tangki reservoir masih jg penuh
Deletedah ganti tutup radiator tapi msih lg sme keadaannya
ReplyDeletepakai yg ori gan tutup radiator nya, kalau yg murah kadang masih bermasalah
ReplyDeleteKlo dah ganti 2 kli tutup radiator n dah servis radiator tp blm ad perubhn biang keladi yg perlu dicirigai adalah paking head cylinder atau cylinder head bermasalah...
ReplyDeletePacking head silinder rusak bisa d ketahuin dg cara membuka tutup radiator lalu nyalakan mesin mobil,jika air muncrat atau bergejolak itu tanda nya packing head rusak/bocor
DeleteSama, saya juga demikian sudah ganti,water pum,wts,termostat,tutup radiator ORI Toyota,motor blower tetap aja air radiator berkurang servoir bertambah akhirnya WTS tidak terendam dan pada akhirnya fan radiator nyala terus pada kondisi panas.satu lagi water jaket tidak bocor ,tenaga mobil lari maksimal.itu aja air radiator selalu berkurang dan pindah keservoir.jumlah CC air tetap tidak berkurang....solusinya punyeng
ReplyDelete