Cek ini jika reservoir penuh air raďiator kurang

Advertisement
advertisement

Tulisan ini bermula pada mobil kesayangan saya yang bermasalah pada air radiator dimana air radiator berkurang dan tabung reservoir penuh untuk memecahkan masalah itu saya mulai mencari penyebab air radiator berkurang yang bisa menimbulkan hal itu yang pastinya berhubungan dengan air radiator dan juga tabung cadangan (reservoir), maka dimulailah pemburuan akan cara kerja dari pada kedua alat tersebut.


Sebagaimana yang dibahas oleh Wikipedia tabung radiator merupakan sebuah media untuk memindahkan energy dari  level panas ke level dingin yang umumnya digunakan pada mesin mesin berat dan kendaraan bermotor, seperti pada mobil dan juga motor untuk beberapa tahun ini.
Untuk radiator yang ditanamkan pada kendaraan bermotor umumnya diperlukan alat tambahan untuk mempercepat proses pembuangan hawa panas seperti pada mobil yang mana dilengkapi dengan kipas ekstra fan untuk membantu proses membuang hawa panas dari radiator dan biasanya posisi radiator di benamkan pada bagian epan mobil dengan tujuan untuk memperoleh angin yang besar dan dapat membantu proses pembuangan hawa panas tersebut.


Tabung reservoir
Tabung air cadangan radiator atau yang lebih umum disebut dengan reservoir ini memiliki peranan untuk menampung hawa panas yang keluar dari radiator jika sudah mencapai suhu panas yang tidak mampu lagi ditampung oleh radiator dimana untuk proses ini dibantu oleh pressur valve yang terdapat pada radiator cap (tutup radiator) . tabung cadangan radiator selain memiliki fungsi sebagai tempat undara panas juga air panas yang mengalir dari radiator dia juga berfungsi untuk menambah air radiator pada jumlah asalnya. Yang mana ketika radiator panas dan untuk menjaga tekanan yang yang ada didalamnya maka air akan disalurkan ke tabung cadangan dan ketika radiator sudah dingin kembali maka radiator akan menyedot air yang ada pada tabung cadangan tersebut.

Tutup Radiator
Tutup radiator merupakan salah satu bagian yang vital untuk menjaga tekanan yang ada pada radiator dimana pada bagian dalam tutup radiator dilengkapi dengan pressure valve yang bertugas untuk membuka dan menutup pada tekanan yang ditentukan, seperti yang telah dijelaskan diatas tutup radiator akan membuka pada tekanan 0,9 atau 1,1 tergantung pada label yang ada pada tutup tersebut,
Pada kondisi radiator panas maupun dingin jika pada posisi panas tutup tersebut terbuka untuk mengalirkan air yang ada pada radiator menuju tabung cadangan maka pada kondisi dingin dia akan bekerja sebaliknya dimana tekanan radiator bukan menyembur malah menyedot dan membuat pressur valve terbuka dan menghisap air yang ada pada tabung reservoir, sehingga air radiator tetap pada kondisi penuh dan tidak berkurang,dan inilah biang keladi penyebab radiator berkurang .

Maka kesimpulanya apabila air radiator mobil kita berkurang tapi reservoir penuh maka factor yang membuat hal itu terjadi adalah hilangnya kevacuman radiator yang disebabkan oleh tidak bekerja dengan sempurnanya tutup radiator sehingga ketika dalam posisi dingin air yang tadinya sudah tersembur ke tabung cadangan tidak bisa kembali lagi ke radiator.

Maka Untuk memperbaikinya saya hanya mengganti tutup radiator dengan yang baru beli di toko spare part mobil dengan harga 50 ribu rupiah saja kini air radiator aman tidak berkurang lagi. 
Advertisement
advertisement
Cek ini jika reservoir penuh air raďiator kurang | IIM masrifah | 5

8 comments:

  1. Semua sdh sy lakukan,ganti tutup radiator, water pomp, selang radiator atas dan bawah, bahkan radiator sdh sy ganti yg baru, ternyata tetap saja, *air radiator berkurang tetapi air reservoir tetap pada garis max*

    ReplyDelete
  2. Saya juga mengalami kondisi seperti demikian. Tutup radiator sudah saya ganti, tp tangki reservoir masih bertambah melebihi garis max. Gmn solusinya? Apakah tutup radiator ada yang palsu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg sudah ganti tutup radiator sebanyak 2 x.... Tpi tk. Ada perubahan.. Tangki reservoir masih jg penuh

      Delete
  3. dah ganti tutup radiator tapi msih lg sme keadaannya

    ReplyDelete
  4. pakai yg ori gan tutup radiator nya, kalau yg murah kadang masih bermasalah

    ReplyDelete
  5. Klo dah ganti 2 kli tutup radiator n dah servis radiator tp blm ad perubhn biang keladi yg perlu dicirigai adalah paking head cylinder atau cylinder head bermasalah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Packing head silinder rusak bisa d ketahuin dg cara membuka tutup radiator lalu nyalakan mesin mobil,jika air muncrat atau bergejolak itu tanda nya packing head rusak/bocor

      Delete
  6. Sama, saya juga demikian sudah ganti,water pum,wts,termostat,tutup radiator ORI Toyota,motor blower tetap aja air radiator berkurang servoir bertambah akhirnya WTS tidak terendam dan pada akhirnya fan radiator nyala terus pada kondisi panas.satu lagi water jaket tidak bocor ,tenaga mobil lari maksimal.itu aja air radiator selalu berkurang dan pindah keservoir.jumlah CC air tetap tidak berkurang....solusinya punyeng

    ReplyDelete