Ini Dia Biang Keladi Penyebab Mesin Mobil cepat panas

Advertisement
advertisement
Sahabat otomotif  sekarang kita akan bahas tentang penyebab mesin mobil cepat panas yang mungkin saja pernah dialami oleh sahabat. Masalah suhu mesin mobil yang tidak normal ini merupakan salah satu masalah yang serius untuk mobil sahabat, mungkin pernah juga kita melihat mobil dipinggir jalan dengan keadaan kap mobil berasap, atau juga mobil terbakar, untuk itu kita harus segera memperbaiki keadaan mesin mobil jika dirasa suhu mesin mobil cepat panas. Indikasi mesin cepat panas bisa kita rasakan pada beberapa keadaan seperti mesin mobil cepat panas pada saat menyalakan ac, dan pada saat melalui jalan yang macet dengan suhu udara disekitar yang panas seperti di ibu kota.



Ciri-ciri termperatur mesin mobil tidak normal dan cepat panas bisa dilihat dari indikator temperatur mobil yang biasanya ada pada speedo meter mobil kita untuk mobil mobil tua biasanya dilengkapi dengan indikator tersebut, dan sayangnya untuk mobil mobil baru pada sekarang ini banyak juga yang tidak melengkapi mobil dengan indikaor termperatur suhu mobil seperti pada mobil suzuki splash, padahal indikator temperatur mobil sangat penting untuk mengetahui normal atau tidaknya suhu mobil kita. Sehingga kita bisa mendeteksi lebih dini jika ada permasalahan pada mesin mobil.

Air radiator merupakan faktor utama yang membantu proses pendinginan mesin mobil dan kebanyakan didapati mesin mobil panas tidak normal disebabkan oleh air radiator yang kurang sehingga tidak bisa mendinginkan mesin mobil pada suhu normal. Untuk itu jika dirsakan suhu mesin mobil tidak normal hendaknya untuk pertama kali sahabat melakukan pengecekan terhadap air radiator mobil sahabat. Jika memang air radiator kurang dari semestinya maka bisa dipastikan ada kebocoran pada system pendingin mobil sahabat. Untuk mengetahui kebocoran tersebut kita bisa menari tau dengan memeriksa seluruh selang yang berhubungan dengan radiator mobil untuk memeriksa adanya kebocoran pada selang selang radiator, jika terdapat selang yang bocor ataupun sobek maka sahabat harus segera melakukan pengganian selang selang tersebut agar masalah suhu mobil yang cepat panas bisa cepat teratasi. Namun jika tidak ada kebocoran pada  selang-selang yang berhubungan dengan radiator maka besar kemungkinan penyebab air radiator berkurang di karenakan adanya kebocoran pada kisi kisi radiator itu sendiri.

Setelah melakukan pencarian kebocoran pada radiator berikut selangnya namun tidak di temukan kebocoran sekecil apapun kemungkinan terbesar yang menjadikan air radiator berkurang ialah tutup radiator yang sudah tidak layak pakai, untuk itu sahabat bisa mencoba meminjam tutup radiator pada saudara atau teman sahabat yang tipe mobilnya  sama dengan mobil sahabat. Jika suhu normal maka sahabat bisa membeli tutup radiator baru untuk mengganti tutup radiator lama tersebut.

Mesin mobil cepat panas padahal air radiator tidak berkurang, kasus seperti ini sangat sering terjadi pada mobil mobil yang telah berusia (motuba). Yang umumnya menggunakan air ledeng untuk mengisi radiatornya, jika kita menggunakan air ledeng untuk radiator tak jarang setelah beberapa bulan tidak dilakukan penggantian air tersebut bisa membuat lubang lubang pada radiator mampet  dan sahabat bisa mencoba untuk melihat warna air radiator tersebut sudah mulai berwarna coklat dan terlihat seperti ada lumpur lumpur halus pada radiator mobil sahabat dan itu yang menyebabkan radiator menjadi mampet sehingga tidak bisa melakukan proses pendinginan dengan optimal dan akhirnya menjadikan mesin mobil cepat panas.
Sumber: www.mobilirit.com


Advertisement
advertisement
Ini Dia Biang Keladi Penyebab Mesin Mobil cepat panas | IIM masrifah | 5

3 comments:

  1. Mau nanyak gan, air direservoir nambah dan diradiatir berkurang,setelah coba panaskan mobil pagi pagi terlihat kalo air direservoir bertambah setelah beberapa saat kipas radiator hidup utk mendinginkan dan ketika itu juga air yg diresevoir yg tadinya nambah kembali berkurang. Kira kira apa yg penyebabnya dan langkah apa yg harus saya lakukan. Trim gan.

    ReplyDelete
  2. Mau nanyak gan, air direservoir nambah dan diradiatir berkurang,setelah coba panaskan mobil pagi pagi terlihat kalo air direservoir bertambah setelah beberapa saat kipas radiator hidup utk mendinginkan dan ketika itu juga air yg diresevoir yg tadinya nambah kembali berkurang. Kira kira apa yg penyebabnya dan langkah apa yg harus saya lakukan. Trim gan.

    ReplyDelete
  3. Sama gang sdh tutup, thermostat tetap air nambah ditabung cadangan dan tdk kembali ke radiator

    ReplyDelete